Liputan Khusus

Liputan pembuatan marawis

A. Latar Belakang
Saat ini beragam jenis musik banyak beredar di masyarakat. Mulai dari lagu pop, rock, dangdut, jazz, dan masih banyak lagi jenis musik yang diminati oleh masyarakat. Salah satunya adalah jenis musik sholawat yang biasanya diiringi oleh alat musik marawis.

Sekarang ini grup marawis semakin banyak bermunculan seiring dengan makin berkembangnya acara acara pengajian akbar seperti salah satunya majelis nurul musthofa dan majelis rasulullah, karena sebagian besar jamaah dari majelis tersebut adalah para remaja yang menyukai lagu lagu shalawat dan gambus.

Dengan semakin banyaknya grup marawis yang bermunculan, maka semakin banyak pula permintaan pembelian alat alat musik marawis. Oleh karena itu kesempatan tersebut banyak dimanfaatkan para pengrajin alat musik untuk membuat marawis yang biasanya pembuat tersebut adalah orang yang sudah lebih dahulu mempunyai grup marawis dan sekaligus pemain marawis. Jadi, karena tuntutan untuk memperbaiki alat musik marawis sendiri. Maka lama kelamaan mereka menjadi bisa membuat marawis. Usaha ini biasanya di kerjakan oleh beberapa orang saja, tergantung permintaan pembeli. Dan juga usaha ini juga tidak memerlukan modal yang terlalu besar karena barang biasanya di buat setelah ada permintaan pembeli.

B. Pembatasan dan Perumusan Masalah
Masalah yang biasanya di hadapi oleh para pengrajin marawis adalah sulitnya mencari bahan baku seperti kulit dan kayu. Karena tidak semua kulit bisa di pakai untuk membuat marawis. Biasanya para pengrajin menggunakan kulit kambing betina untuk di jadikan marawis karena ukurannya lebih tipis dibandingkan dengan kulit kambing jantan ataupun kulit binatang lainnya. Selain itu cuaca juga menjadi kendala di dalam membuat marawis, karena biasanya setelah marawis selesai di buat, alat musik tersebut di jemur agar bunyinya menjadi nyaring.

C. Tujuan Dan Kegunaan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa ada sebuah kesenian arab betawi yang sedang berkembang di Indonesia. Dan untuk mmengetahui bangaimana cara membuat alat musik marawis dan cara cara untuk memperbaikinya.

D. Objek Penelitian
Oblek penelitian yang saya teliti adalah alat musik marawis. Marawis merupakan alat musik tepuk yang terbuat dari kayu yang berbentuk bulat dan di sisi kiri dan kanannya di lapisi dengan kulit kambing yang di sambung menggunakan tambang dan kayu rotan agar ikatannya kuat. Biasanya pada kayunya di cat dan di beri lukisan lukisan.
Selain marawis juga terdapat hajir dan tumbuk. Bentuk hajir menyerupai bentuk marawis tetapi ukurannya lebih besar sedangkan tumbuk adalah gendang yang berbentuk seperti dandang untuk memasak.

E. Hipotesis
Melihat perkembangan dari kesenian musik marawis yang semakin hari semakin banyak peminatnya. Diperkirakan kesenian musik marawis akan menjadi salah satu kesenian nasional. Dengan demikian peluang akan penjualan alat musik marawis-pun akan meningkat. Oleh karena itu perlu di upayakan agar pemasaran alat musik marawis ke tingkat nasional dan penyebaran alat musik tersebut menjadi ke seluruh indonesia.

Video Pembuatan Marawis

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: